Cara Membuat Lagu Yang Diminati Orang Banyak

Kamis, 22 Januari 2015



Dengan banyak munculnya musisi ditanah air baik solo/ grup/ band, tentunya kita harus punya sesuatu hal yang menarik, unik dan lain dari pada yang lain, baik itu lagu ataupun performance. Nah dengan begini musik kita akan jadi keren and beda banget.

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam bikin lagu, asal kita ngerti dulu form-form yg umum dipakai. Biasanya Bait + Reff, bisa juga ada bridge atau bagian-bagian lainnya, mengerti time signature yg umum dipake, tapi itu tidak mutlak, gunakan saja imaginasi Kita.

Berikut beberapa tips cara membuat lagu yang baik :

1. Be Creative..!! jangan dulu dipusingkan dengan kemungkinan bisa sama dengan lagu lain.. Just do it.. setelah selesai.. baru direview.

2. Coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kita akan memiliki banyak referensi untuk modal membuat lagu sendiri

3. Biarkan lagu itu menceritakan isi hatimu yang ingin kita ceritakan ke orang/ ke diri sendiri..(musik tuh harus punya nyawa).

4. Cari tahu sampai dimana tingkat musikalitas kita…mencoba membuat lagu.. lalu mengkategorikannya ke dalam musik-musik yang berada di sekitar kita! apakah kita berada dijalur mainstream atau indie.

5. Jangan miskin tema. Kita bisa ambil referensi dari solo/ grup/ band atau artis lain.

6. Jangan selalu ngikutin solo/ grup/ band  yang udah besar. Komersil bukan berarti kamu harus ikut-ikutan band lain. Tapi untuk mulai dari band referensi juga gak apa-apa.

7. Jangan selalu mengikuti lagu-lagu yang lagi ngehits.

8. Untuk grup/ band kombinasi personil harus ada yang ditonjolkan. Misalnya kalau gitaris kita jago, kita tonjolin sedikit kemampuan gitaris kita. Kalo grup ada suaranya yg indonesian idol banget, boleh juga tuh buat ditonjolin.

9. Kalo udah punya musik yang unik, lirik jangan sampai lemah.

10. Jangan berpikir tipikal. Contoh, kita pikirin lagu yang disukai anak-anak kuliah itu yang seperti apa yah? Yang disukai ibu-ibu rumah tangga kayak apa yah?

11. Jangan membuat lagu yg terlalu idealis, yang cuma kita doang yang ngerti, ngga mikirin orang lain.

12.  Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yang dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dengan gitar pun lagu bisa terdengar bagus. Ingat, bagus bukan berarti rame. Bukan juga berarti juga kaya bunyi.

13. Jangan takut mendengar kritikan orang pada lagu kita. Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu kita menjadi lebih baik dan bagus.



sumber : http://yayanuryasin.blogspot.com/2013/11/cara-membuat-lagu-yang-diminati-orang.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
ANN BEKASI © 2015 | Designed by House Production, ANN Bekasi and ANN Jawa Barat